Rabu, 15 Mei 2013

Tercemarnya Sungai Brantas Oleh PT. Tjiwi Kimia

Oleh : Abd. Hamid
Universitas Yudharta Pasuruan



Dugaan adanya kejanggalan hasil uji lab yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Timur dari pengambilan sempel air beberapa perusahaan yang di wilayah Daerah Aliran Sungai “DAS” Brantas beberapa waktu lalu yang berujung turunnya kebijakan penghentian operasi Pabrik Gula Gempolkrep Mojokerto yang dikeluarkan Gubernur Jatim Soekarwo serta pemberian surat peringatan terhadap pabrik kertas PT Tjiwi Kimia semakin terbuka lebar.














Masyarakat yang merasakan dampak langsung dari limbah PT Tjiwi Kimia menilai, BLH telah tebang pilih. Sebab, BLH hanya memberikan surat peringatan terhadap PT Tjiwi Kimia, namun meenghentian oprasi Pabrik Gula Gempolkerep. Padahal, sesusi dengan kajian BLH, kedua perusahaan tersebut sama-sama telah membuang limbah yang tidak sesuai baku mutu Adanya dugaan pihak BLH ada main dengan PT Tjiwi Kimia.

Beberapa sumber yang berada di sekitar pabrik kertas terbesar di Jawa Timur itu mengatakan, bahwa limbah yang setiap hari dikeluarkan PT Tjiwi Kimia diduga sangat berbahaya.

“Limbah yang dikeluarkan PT Tjiwi Kimia kemungkinan besar sangat berbahaya bagi kehidupan ekosistem air, limbah yang dikeluarkan seperti busa sabun dan kadang mengeluarkan asap seperti air yang mendidih,” ungkap warga yang mengaku bernama Suripto itu sambil menunjuk limbah yang dikeluarkan dari saluran air pabrik.
Menurutnya, melihat dampak limbah yang dikeluarkan, seharusnya pemerintah berani menindak tegas Tjiwi Kimia agar benar-benar bisa menjaga kualitas limbah yang dibuang di kali ini.

“Akibat limbah Tjiwi Kimia di sungai ini sudah tidak ada ikan lagi. Bahkan kadang-kadang sungai ini mengeluarkan bau yang tidak sedap,” ungkapnya.

Dalam hal ini,  Tjiwi Kimia berusaha menghindar dan terkesan menutup rapat. Beberapa kali ditemui, petugas keamanan selalu mengatakan bagian humas sedang tidak ada di tempat.






2 komentar:

Unknown mengatakan...

gimana saran anda untuk mengatas,i limbah tersebut agar tidak tercemar kemana-kemana?

Unknown mengatakan...

apa yang di upayakan oleh PT TJiwi kimia dalam menangani msalah limbah tsb