Selasa, 07 Mei 2013

pemanfaatan kain percah

pemanfaatan kain percah
oleh:dewi khusnah



Apa yang anda lakukan jika dirumah Anda terdapat beberapa kain yang sudah tidak terpakai lagi? Mungkin Anda akan berpikir untuk membuangnya…tapi tidakkah Anda berpikir bahwa kain-kain tersebut bisa menjadi barang yang bermanfaat bahkan menghasilkan uang bagi Anda??trans Kerajinan Perca: Unik, Kreatif, dan Menguntungkan
Kain perca adalah potongan kain yang biasanya tidak dipakai lagi oleh produsen kain, atau industri garmen. Kain perca yang biasanya hanya dibuang di tempat sampah dapat anda pakai sebagai bahan untuk membuat kerajinan. Penggunaan kain perca sebagai bahan untuk membuat kerajinan dapat mengurangi sampah yang akan dibuang, dan bisa menambah penghasilan.Kain perca yang dianggap sebagai sampah dapat dijadikan bahan untuk mendapatkan uang.

Perca merupakan kain sisa yang dipandang sebagian orang sudah tidak bermanfaat lagi. Namun ditangan orang-orang yang kreatif, kain perca dapat disulap menjadi bedcover cantik, selimut, tirai, tas, boneka, alas gelas, dan lain-lain.  Pemanfaatan perca bisa untuk mempercantik kamar, ruang tamu, atau di setiap sudut rumah. Patchwork, quilting, dan appliqué merupakan tehnik-tehnik dalam pemanfaatan kain perca.

Kain perca yang ada, dapat anda sulap menjadi lap, kain pel, keset, pembungkus bantal atau boneka. Yang dibutuhkan untuk membuat usaha ini adalah kreativitas dari diri anda sehingga bahan tersebut yang aslinya sampah bisa ditingkatkan nilai ekonomisnya. Bahkan jika anda mampu mengelola usaha ini secara benar, hasilya bisa mengalahkan pekerjaan anda sekarang, bagaimana tidak jika ongkos bahan bakunya dapat anda dapatkan dengan harga yang sangat murah karena dianggap sampah sedangkan kalau sudah jadi barang kerajinan bisa dijual dengan harga yang mahal, perbandingan biaya yang besar inilah yang menjadi keuntungan terbesar anda.
Target sasaran

Usaha pemanfaatan kain perca dapat anda jual kepada semua orang, terutama adalah keluarga – keluarga yang memiliki rumah. Kebutuhan untuk mempercantik rumah pasti menjadi idaman banyak keluarga, menawarkan kerajinan kain perca kepada ibu – ibu adalah pilihan terbaik.
Hambatan

Hambatan yang mungkin terjadi adalah ketersediaan bahan kain perca ini secara kontinyu , karena dalam berbisnis seharusnya bisa menghasilkan produk secara periodik. Hambatan yang kedua adalah tentang warna dan keseragaman, mengingat bahan yang dibuat adalah bahan sisa keseragaman dalam warna dan bentuk kerajinan terkadang susah di capai.
Penentuan Harga

Harga sebuah barang dapat dikalkulasi berdasarkan bahan baku dan ongkos – ongkos lain beserta keuntungan yang ingin diraih. Namun perhitungan harga juga harus mempertimbangkan harga barang sejenis di pasaran. Misalkan anda menjual lap makan dari kain perca, maka harga jualnnya sebaiknya sedikit lebih murah dibandingkan lap yang terbuat dari kain handuk misalnya. Selisih harga bahan baku merupakan senjata utama dalam persaingan merebut pasar.
Modal usaha

Modal usaha yang diperlukan untuk membuat usaha pemanfaatan kainperca ini adalah sebuah mesin jahit, dan beberapa peralatan jahit seperti gunting, jarum dan pola. Selebihnya adalah kain perca berbagai ukuran yang dapat anda dapatkan baik dari sisa pabrik, atau anda membelinya dari industri garmen atau konveksi dengan harga yang sangat murah.

Bidang usaha pemanfaatan kain perca paling banyak membutuhkan kreatifitas dibandingkan usaha yang lain. Kreatifitas dibutuhkan untuk merubah barang yang kurang menarik dan tidak berguna menjadi menarik mata memandang dan berfungsi lebih produkti . Semakin tinggi kreasi seorang pengusaha, semakin banyak produk yang bisa dihasilkan dan semakin menarik barang yang bisa dihasilkan. Maka sebaiknya anda juga menambah wawasan tentang desain produk apa yang menarik saat sekarang sehingga barang seni anda tetap mengikuti selera jaman. Selamat ber wiraswasta.

Berikut adalah alat-alat yang dibutuhkan :
1.Rotary Cutter
Benda ini sangat tajam dan dapat memotong hingga 6 lapis kain katun. Benda ini harap dijauhkan dari anak-anak karena pisau pemotongnya tajam sekali. Biasakan setelah memakai selalu di kunci.

2.Rotary Mat
Alas untuk dipakai saat kita memakai rotary cutter dan tidak akan rusak karena memang disebut sebagai ‘self healing’ mat. Terbuat dengan berbagai ukuran dan merek serta sudah ada grid untuk akurasi pemotongan. Sebaiknya membeli yang ukuran medium 22×12 inch (1 inch=2.5cm) merek Olfa atau Omnigrid.

3.Rotary Ruler
Penggaris ini memang special untuk digunakan dengan rotary cutter dan rotary mat. Penggaris ini sudah ada tanda-tanda ukuran hingga 1/8 pecahan untuk akurasi pemotongan. Dijual dengan berbagai ukuran, tapi direkomendasikan untuk memakai merek Omnigrid ukuran 6×12 inch.

4.Mesin jahit
Mesin jahit sebenarnya pilihan saja, kalau mau cepat dan rapi silakan membeli mesin jahit. Bila ingin menghemat biaya bisa memakai metoda hand quilting; tapi hasilnya akan lama dan biasanya kita akan cepat bosan.
Mesin jahit tidak harus yang mahal, yang penting bisa untuk menjahit lurus dan sediakan jarum mesin yang tajam ukuran 80.

5.Peralatan basic lainnya seperti gunting kain yang tajam, benang, jarum pentul, dan setrika.
CONTOH PEMANFAATAN KAIN PERCAH
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggYDagXdxuwDmzoM73zo9zv68NhRgC7eyul3XwWtXe7p4bIXffhw5btCwwvnu7iCF2NTl0rAbwgK7Jqqonhp1hxckqWUhro_j5DfM5gQNdK4zyNXiu8GGAf0CCTgUlJj4Ucy5Sq9c8UovA/s1600/602358_246990428752946_88554878_n.jpg  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-zjxpPfKTVPY97l8CJ3WYwW3LQCFd6dalNgb6QK_7BTv_hjyWWQiqHwiDaxwunv5NiOQ2X0jbLSGIkpr-OzlkRQVdjPSmMcEseMDGd5ezQKWCHaEB6-TrOBgQ5MOXFtuok3nX2jGbEzQ/s1600/4663504756_9bf8bdfe9a_b.jpghttp://id.indonesian-craft.com/images.php/gambar/fileimages/1357/