Selasa, 07 Mei 2013

PERAN PENGHIJAUAN



Custom Glitter Text

Peran dan Fungsi Penghijauan 


Oleh: M. Khoirul Anam 
Universitas Yudharta Pasuruan 

PENGHIJAUAN adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Banyak fakta yang menunjukkan bahwa tidak jarang pembangunan dibangun di lahan pertanian maupun ruang terbuka hijau. Padahal tumbuhan dalam ekosistem berperan sebagai produsen pertama yang mengubah energi surya menjadi energi potensial untuk makhluk lainnya dan mengubah CO2 menjadi O2 dalam proses fotosintesis. Sehingga dengan meningkatkan penghijauan di perkotaan berarti dapat mengurangi CO2 atau polutan lainnya yang berperan terjadinya efek rumah kaca atau gangguan iklim. Di samping vegetasi berperan dalam kehidupan dan kesehatan lingkungan secara fisik, juga berperan estetika serta kesehatan jiwa. Mengingat pentingnya peranan vegetasi ini terutama di perkotaan untuk menangani krisis lingkungan maka diperlukan perencanaan dan penanaman vegetasi untuk penghijauan secara konseptual.




Penghijauan berperan dan berfungsi:

1.Sebagai paru-paru kota. Tanaman sebagai elemen hijau,pada pertumbuhannya menghasilkan zat yang sangat diperlukan bagi makhluk hidup untuk pernapasan
2.Sebagai pengatur lingkungan (mikro),vegetasi akan menimbulkan hawa lingkungan setempat menjadi sejuk,nyaman dan segar
3.Pencipta lingkungan hidup (ekologis)
4.Penyeimbangan alam (adaphis) merupakan pembentukan tempat-tempat hidup alam bagi satwa yang hidup di sekitarnya
5.Perlindungan (protektif),terhadap kondisi fisik alami sekitarnya(angin kencang,terik matahari,gas atau debu-debu)
6.Keindahan(estetika)
7.Kesehatan (hygiene)
8.Rekreasi dan pendidikan (edukatif)
9.Sosial politik ekonomi.

Pentingnya peran masyarakat sebagai peran utama dalam penghijauan lingkungan sekitar, akan membantu menjadikan Indonesia menjadi lebih sehat secara khusus untuk lingkungan sekitar dan untuk Bumi Indonesia secara umum. Ada banyak hal yang dapat dilakukan masyarakat dalam memberikan kontribusi ide, tenaga, waktu, dan material untuk menjadikan Indonesia sehat.  Salahsatunya memanfaatkan halaman dengan ukuran areal yang sedemikian rupa menjadi dayaguna untuk penanaman pohon maupun tanaman-tanaman pot yang pada akhirnya akan menjadi banyak fungsi dan kelebihan dihasilkan dari aktivitas bermanfaat tersebut.





2 komentar:

Unknown mengatakan...

menurut anda apakah d negara kita sudah melakukan peran penghijauan tersebut secara maksimal
mengingat kok masih ada bencana longsor dan banjir yg terjadi???????
apa juga upaya yg harus menyadarkan masy agar mngerti dg pentingnya penghijauan

Unknown mengatakan...

jika menurut anda masyarakat adalah peran utama palimng penting bagi penghijauan. tp kenapa justru masyarakat sendiri yang banyak menebang pohon! jelaskan?